Rabu, 06 Januari 2010

Transformasi Indonesia dimulai dari kesuksesan ANDA

Hutan merupakan sumber oksigen dunia, namun dunia tidak tahu bagaimana hutan mentransformasi dirinya untuk menjadi penting bagi dunia. Didalam hutan ada berbagai mahkluk hidup dengan perannya masing-masing. Dengan suatu bentuk transformasi diri yang sejati. Ulat menyuburkan tanah, burung membantu penyerbukan, harimau penjaga keseimbangan rantai makanan, pohon-pohon yang membawa keteduhan, sungai yang membawa kesejukan, matahari yang membantu fotosintesis dan peran lainnya. Hal tersebut merupakan peranan setiap individu dalam hutan, untuk menjadi diri sendiri yang sejati. Dan hal tersebut berpengaruh pada hutan secara keseluruan untuk tetap lestari sebagai paru-paru dunia. Kesejatian tiap makluk hidup memberikan kelestarian hutan secara keseluruan.

Transformasi merupakan perubahan diri menuju pada wujud yang lebih baik. Transformasi bukanlah pekerjaan mudah dan dapat dilakukan hanya menjentikan jari “klik”, namun merupakan usaha yang melalui proses dengan banyak pengorbanan untuk mencapai hasil yang lebih berkualitas dan maksimal. Sering kali masyarakat beranggapan, bahwa transformasi Indonesia dapat dilakukan dengan memilih pemimpin yang baik dan benar, yang akan bekerja keras untuk mentransformasi bangsa ini menuju pada cita-cita bersama. Hal tersebut bukanlah proses transformasi yang sesungguhnya. Bagaimana mungkin seseorang dapat melakukan proses transformasi untuk orang lain, tanpa peran dari dalam diri orang tersebut. Transformasi tidak dapat dilakukan dengan suatu moment kegiatan atau aksi, namun dapat dilakukan dengan menghadirkan kesejatian dalam diri.
Transformasi Indonesia merupakan proses perubahan yang harus dilakukan dengan peran seluruh masyarakat Indonesia. Masyarakat memiliki cita-cita bersama sebagai suatu bangsa, namun dibagian lain dalam diri tiap individu masyarakat memiliki cita-cita pribadi yang juga harus memperhatikan makna kebersamaan dan ke-Indonesiaan. Jika ANDA mampu membentuk diri anda menjadi lebih berkualitas, maka dengan sendirinya ANDA akan berkontribusi dalam proses transformasi Indonesia. ANDA merupakan faktor penentu kesuksesan transformasi Indonesia. Ketika kualitas spiritualitas, emosional, intelektualitas dan etika ANDA makin menjadi lebih baik, maka kualitas spiritualitas, emosional, intelektualitas dan etika bangsa Indonesia akan lebih baik juga. ANDA akan menjadi diri sejati anda, dan sekaligus menjadikan Indonesia sebagai enjadi Truly Indonesia.
Embrio transformasi yang terjadi dalam diri ANDA, akan ditularkan dengan sendirinya kepada lingkungan keluarga ANDA, lingkungan kerja, lingkungan masyarakat, jaringan kekerabatan, hingga pada orang atau kelompok masyarakat yang belum mengenal ANDA. Embrio inilah yang akan menjadikan transformasi Indonesia sukses dan pencapaian terhadap cita-cita bersama sebagai Bangsa Indonesia akan tercapai. Dengan demikian peran diri ANDA sangat besar dalam proses transformasi Indonesia. ANDA tidak perlu menjadi presiden, menteri, gubernur, kepala desa, NGO atau bentukan lainnya. Yang ANDA perlu lakukan adalah mentransformasi diri ANDA menjadi ANDA yang sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar